Jumat, 20 Mei 2011

WEDANG KOPI 6 - WARUNG KOPI - 咖啡店 - Kāfēi diàn - COFFEEHOUSE

WEDANG KOPI 6 - WARUNG KOPI - 咖啡店 - Kāfēi diàn - COFFEEHOUSE


Kopi tiam - 邻里咖啡店 - 传统咖啡店


Kopitiam atau kopi tiam adalah kedai kopi dan sarapan tradisional di Malaysia dan Singapura. Di Indonesia, kopitiam terutama ada di kota Batam dan Medan. Istilah kopitiam berasal dari gabungan kata kopi (bahasa Melayu) dan kata tiam (店) yang berarti kedai dalam bahasa Hokkien. Selain kopi, teh, atau Milo, makanan yang disediakan adalah beraneka ragam sajian sederhana, seperti telur rebus, roti bakar dengan selai srikaya
Istilah kopitiam tidak untuk dikacaukan dengan Kopitiam sebagai nama jaringan pujasera di Singapura.[1]

Kedai ngo hiang di sebuah kopitiam Malaysia

Kopitiam Malaysia

Kopitiam terdapat di berbagai tempat di Malaysia. Istilah kopitiam di Malaysia berarti kedai kopi Cina yang lazimnya hanya menawarkan hidangan Cina-Malaysia.
Kopitiam tradisional ditiru oleh "kopitiam baru" yang sebenarnya adalah rumah makan siap saji bergaya kopitiam. Kopitiam modern dirancang sebagai pesaing kedai kopi internasional seperti Starbucks atau The Coffee Bean & Tea Leaf, namun menawarkan kopi selera lokal dengan harga yang lebih murah. Selain roti bakar isi selai srikaya untuk sarapan, kopitiam modern juga menyediakan menu makan siang dan makan malam. Perintis kopitiam modern di Malaysia adalah Uncle Lim.[2] Konsep kopitiam Uncle Lim diikuti oleh merek-merek kopitiam modern yang lain.



Kopitiam Singapura

Kopitiam terdapat hampir di seluruh pelosok Singapura, mulai dari kawasan permukiman, kawasan perdagangan, hingga kawasan industri. Lokasinya sering di pusat daerah permukiman seperti lantai dasar apartemen atau ruko. Meja dan kursi untuk pembeli diletakkan di bagian depan kopitiam yang terbuka, berdekatan dengan tempat orang lalu-lalang. Duduk berbagi meja dengan orang lain yang tidak dikenal adalah hal yang biasa, terutama selama jam-jam sibuk. Kopitiam dapat berupa sebuah kios makanan dan minuman yang dikelola seorang pedagang, namun sebagian dari kopitiam mengundang berbagai pedagang lain untuk membuka kios hingga lebih terlihat seperti sebuah pujasera.
Berbeda dengan kopitiam di Malaysia yang umumnya dikelola oleh etnik Cina, kopitiam Singapura dikelola oleh pemilik yang berasal dari berbagai etnis di Singapura. Di sebuah kopi tiam, pemilik biasanya mengelola kedai minuman yang menjual kopi, teh, minuman ringan, dan berbagai hidangan sarapan seperti kaya toast dan telur rebus. Kedai-kedai lain disewakan ke pengusaha lainnya yang menjual berbagai makanan untuk memenuhi selera penduduk Singapura yang multietnik.

Lihat pula

 Referensi

  1. ^ Ebrahim, Naleeza (2006). Not Just a Good Food Guide Singapore. Marshall Cavendish. ISBN 9-8123-2922-6.
  2. ^ Lazaroo, Suzanne. "Back to the future: kau-kau kopi culture reborn". flavours (March-April 2006). Diakses pada 17 Februari 2009. "The pioneer of modern kopitiam is Uncle Lim's".

http://id.wikipedia.org/wiki/Kopi_tiam


Kopitiam - 邻里咖啡店 - 传统咖啡店


Kopitiam atau kopi tiam adalah kedai kopi dan sarapan tradisional yang terdapat di Malaysia dan Singapura. Perkataan "kopitiam" merupakan gabungan perkataan "kopi" dari bahasa Melayu dengan perkataan bahasa Hokkien bagi kedai (店; POJ: tiàm). Dalam erti kata lain, "kopitiam" bermaksud "kedai kopi". Sajian kopitiam biasanya terdiri daripada satu tawaran yang ringkas: beraneka pilihan makanan yang mengandungi telur, roti bakar dan kaya, serta minuman seperti kopi, teh, dan Milo.

Kopitiam di Malaysia

Kopitiam boleh dijumpai di merata tempat di Malaysia. Istilah kopitiam di Malaysia merujuk kepada kedai kopi Cina yang lazimnya hanya menawarkan sajian Cina Malaysia.

 Kopitiam dalam zaman moden

Kebelakangan ini munculnya sejenis "kopitiam baharu". Kelarisan kopitiam bergaya lama serta minat masyarakat terhadap tema nostalgia serta kenaikan dalam pendapatan telah mencetuskan kebangkitan jenis pseudo-kopitiam ini. "Kopitiam baharu" ini merupakan kedai makanan segera yang menampilkan gaya kopitiam lama dari segi hiasannya, tetapi lazimnya dibina dalam latar yang lebih moden dan bersih seperti pusat beli-belah dan bukannya rumah kedai.
Trend kopitiam baharu juga dicetuskan setelah terhasilnya fenomena "budaya kopi" oleh rangkaian kedai kopi seperti Starbucks dan The Coffee Bean & Tea Leaf. Kopitiam ini menawarkan alternatif yang lebih mudah didapati yang mana budaya kopi boleh dinikmati dengan perisa tempatan dan harga yang lebih berpatutan.
Bagi menawarkan pengalaman kopitiam sejati, kopitiam baharu ini kebanyakannya menawarkan perisa kopi tempatan yang tulen, roti bakar kayu arang yang disajikan bersama mentega dan kaya dan telur rebus. Ada yang menawarkan lebih kepelbagaian makanan yang mana sajian khas sarapan, makan tengahari dan makan malam disediakan.
Peneraju kopitiam baharu di Malaysia merupakan syarikat berjenama Uncle Lim. Kebanyakan jenama lain mengikuti konsep ini, maka sehingga hari ini, terdapat tidak kurang daripada 100 jenama kopitiam baharu yang beroperasi di merata negara.

Perbezaan antara kopitiam di Malaysia dan Singapura

Malaysia Singapura
Istilah kopitiam hanya merujuk kepada kedai kopi yang diniagakan oleh kaum Cina. Kopitiam boleh merujuk kepada kedai kopi yang diniagakan sesiapa sahaja tanpa mengira kaum.
Sajian kopitiam lazimnya hanya terdiri daripada masakan Cina Malaysia. Sajian kopitiam terdiri daripada masakan pelbagai kaum di Singapura.
Maklumat sajian kopitiam tidak berapa padat; pelanggan lebih bergantung kepada gambar. Maklumat sajian lebih lengkap dan padat.
Istilah "kopitiam" tidak merujuk kepada gerai dan medan selera. Kopitiam juga merujuk kepada gerai dan medan selera.

 Lihat juga

 Pautan luar


http://ms.wikipedia.org/wiki/Kopitiam


KOPITIAM OEY 咖啡店黄

Kulo nuwun, Kopitiam Oey buka di Solo.
Nuwun pangestunipun. Setelah tiga gerai di Jakarta dan Bali, sekarang Kopitiam Oey siap melayani para tamu di Solo.
Hidangan khas Kopitiam Oey yang sudah terbukti cocok di lidah para penggemarnya antara lain, adalah: Sego Ireng (Bumbu Kluwek), Nasi Tim Ayam, French Toast, Spaghetti Tuna Pedas, Roast Beef Panini, Nasi Goreng Kambing, Singkong Sambal Roa dan lain-lain. Semuanya halal.
Tentu saja kami juga menampilkan beberapa ikon kuliner khas Solo, seperti: Tengkleng, Pecel Bu Tris (Bandara Adisumarmo), Wedang Dongo (Keprabon) dan Dawet Gempol Pleret. Khusus sabtu dan minggu, juga kami sajikan Bubur Kambing yang makk nyuss!! Resep khusus Bondan Winarno, Pemilik Kopitiam Oey.
Kami tunggu kehadiran Anda semua di Kopitiam Oey. Sumonggo!
Kopitiam Oey gerai Solo beralamat di Jl. Perintis Kemerdekaan 35, Purwosari Solo – Telp. 0271-2138881. Buka mulai pk. 09.00 – 24.00 WIB tiap hari. Menyediakan pula free wifi di area gerai Kopitiam Oey
Kunjungi website kami di
http://www.kopitiamoey.com

http://usaha-solo.blogspot.com/2010/12/kopitiam-oey.html

Koffiehuis Oey, Laan Holle 18 Weltevreden, Batavia

 

Asal Oesoel

Kopitiam Oey didirikan oleh Bondan Winarno, host program “Wisata Kuliner” di salah satu TV swasta.
Kopitiam berasal dari kata kafe tien dalam dialek Hokkien yang berarti “warung kopi”.
Kopitiam Oey- di jaman voor de oorlog disebut Koffiehuis Oey-pertama kali dibuka di jalan Haji Agus Salim 19 (Jalan Sabang) (d/h Laan Holle 18), Jakarta Pusat.
http://www.kopitiamoey.com/asal-oesoel/


GAMBIR
Sekarang kampung Gambir tinggal kenangan saja, yang tersisa adalah nama Kelurahan Gambir dan nama Stasiun Gambir yang masih tertinggal pada salah satu stasiun yang ada di wilayah Jakarta Pusat. Wilayah yang termasuk pada kawasan Gambir batas – batasnya adalah: diutara jalan Veteran, di Selatan jalan Kebon Sirih, di Barat jalan Mojopahit dan di Timur kali Ciliwung. Kata Gambir sudah dikenal sejak nama, sejak kawasan ini mulai mengacu pada sebutan masyarakat lokal yang melihat banyaknya pohon gambir yang tumbuh dikawasan ini.
Sebelum dikembangkan oleh Daendles sebagai pusat pemerintahan Hindia Belanda di daerah baru yang disebutnya Weltevreden, sejarah kawasan ini telah dimulai sejak tahun 1658 masih berupa daerah rawa – rawa dan padang ilalang. Oleh pemiliknya yang bernama Anthony Paviljoen daerah ini telah mulai disewakan kepada masyarakat Cina untuk digarap sebagai lahan pertanian tebu, pertanian sayur – sayuran dan sawah. Setelah makin berkembang didaerah ini timbul pasar yang berlanjut terus sebagai pasar tempat memperingati hari lahir ratu Belanda yang di adakan pasar malam setiap tahun. Pasar yang tumbuh dan berkembang terus itu disebut pasar Gambir.
Setelah Daendels berkuasa dan memindahkan pusat pemerintahan dari Kota ke Weltevreden yang dalam bahasa Belanda berarti tempat yang paling ideal sebagai lokasi pemukiman (tempat yang nyaman), maka Belanda mulai membangun berbagai macam sarana prasarana perkotaan di daerah baru ini. Salah satu sarana perkotaan yang terkenal pada waktu itu adalah lapangan koningsplein yang disebut juga oleh masyarakat lokal dengan nama lapangan Ikada (Ikatan Atletik Djakarta). Lapangan ini mengingatkan kita pada peristiwa rapat raksasa rakyat Jakarta yang terjadi dilapangan IKADA ini. Pada masa lalu, dilapangan ini terdapat perkumpulan olah raga dan yang paling terkenal adalah Bataviaasche Sport Club (BSC) dan Batavia Buitenzorg Wedloop Societet (BBWS). BSC adalah perkumpulan olahraga biasa dan BBWS adalah perkumpulan olah raga berkuda.
Setelah pembangunan Monumen Nasional (Monas) dimulai pada tahun 1962, Lapangan Gambir dan perumahan Departemen Pekerjaan Umum (DPU), serta perumahan Djawatan Kereta Api (DKA) ikut tergusur untuk ikut tergusur juga dan nama pasar tersebut diabadikan pada lokasi Pekan Raya Jakarta (PRJ) di Kemayoran. Yang tersisa dari kata Gambir untuk masa sekarang adalah nama stasiun Gambir dan nama Kelurahan Gambir.
http://dutacipta.wordpress.com/artikel-lain/asal-usul-nama-tempat-di-jakarta/




Oey/Ng/Oei (黃; 黄; Huáng)




1 komentar:

  1. saya mengucapkan banyak terimakasih kepada MBAH AGUS yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama MBAH AGUS dan dengan senang hati MBAH AGUS mau membantu saya..,ALHAMDULIL LAH nomor yang dikasi MBAH AGUS semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubungiya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi MBAH AGUS DI =085399278797= ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinga dan perlu anda ketahui kalau banyak dukun yang tercantum dalam internet,itu jangan dipercaya kalau bukan nama MBAH AGUS atau klik http://togelmalaysia34.blogspot.com/

    BalasHapus