Kamis, 19 Mei 2011

WEDANG JAHE 7 - 生姜茶 - Ginger Tea

WEDANG JAHE 7 - 生姜茶 - Ginger Tea

生姜茶 (Shēngjiāng chá) - 生薑茶 (Shēngjiāng chá) - 생강차 (Saeng-gangcha) - 生姜湯 (Shōgayu) - Salabat

Wedang Jahe Penghilang Sakit Kepala



 Renny Wahyuningsih - detikFood

Sering diserang sakit kepala hebat? Setiap orang pernah mengalami sakit kepala, migrain atau nyeri kepala. Jangan terburu menelan obat-obatan, cobalah pilih makan tepat yang memiliki khasiat dahsyat menjaga kesehatan bagian kepala. Apa saja. Simak yuk!

Sakit kepala hampir pernah dialami setiap orang. Dari tahap pusing ringan, pusing kepala sebelah hingga yang hebat. Meskipun terlihat sepele tetapi sering menggangu. Padahal dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang tepat, sakit kepala bisa dicegah. Seperti menyantap 5 makanan yang berkhasiat menggempur sakit kepala ini.

Air
Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh adalah penyebab umum sakit kepala. Minumlah 8 gelas air putih setiap hari. Tambahkan irisan jeruk lemon atau jeruk nipis agar rasanya lebih segar. Konsumsilah minuman elektrolit jika mengalami sakit kepala dalam jangka panjang.

Makanan Bermagnesium
Makanlah makanan yang mengandung magnesium. Seperti, seafood, kacang, biji - bijian, alpukat, kismis, dan sayuran hijau. Biji - bijian selain kaya akan magnesium juga mengandung serat dan mineral yang dapat mengurangi sakit kepala yang disebabkan oleh menstruasi.

Ikan Salmon

Ikan salmon, tuna dan makarel memiliki kandungan omega-3, lemak sehat yang memiliki sifat anti inflammatory, yang dapat menghambat peradangan di otak. Falxseed dan minyak flaxseed juga memiliki kandungan omega-3 yang dapat mencegah sakit pada kepala.

Minyak Zaitun

Kandungan antioksidan dan vitamin E yang tinggi  pada minyak zaitun dapat membantu meringankan sakit kepala. Karena dapat  meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi peradangan, dan menyeimbangkan kadar hormon. Sumber vitamin E lainnya juga dapat dicoba  adalah minyak gandum, minyak canola, kacang, dan selai kacang.

Jahe

Tidak hanya untuk masalah perut. Jahe juga berperan penting dalam mengurangi sakit kepala karena sifat inflamasi dan anti histamin. Minum teh jahe, wedang jahe atau menggigit manisan jahe saat sakit kepala, menjadi pilihan yang tepat. (foto: www.forthemommas.com)


( eka / Odi )

Sumber: detikcom

http://cyberhealth.cbn.net.id/cbprtl/cybermed/detail.aspx?s=jahe&x=Alternatif&y=cybermed|0|0|2|247


Jahe Bisa Atasi Nyeri Otot



 Fitri Yulianti - Okezone

Konsumsi jahe harian bisa bertindak sebagai pereda nyeri. Sifat hangat jahe tidak terbatas pada perut. Sebab, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa jahe juga dapat menjadi pereda nyeri otot.

Jahe telah menjadi bahan favorit pengobatan China selama berabad-abad dan sering digunakan untuk mengobati perut mual. Namun sampai sekarang, para peneliti mengatakan, belum dipelajari secara luas manfaat jahe sebagai pereda nyeri.

Konsumsi harian suplemen jahe untuk nyeri otot

Studi yang dipublikasikan The Journal of Pain menunjukkan bahwa konsumsi jahe harian bisa meredakan nyeri otot yang disebabkan oleh cedera otot selama olahraga. Demikian seperti dikutip dari Health24, Selasa (28/9/2010).

Dalam dua eksperimen terpisah, peneliti melihat efek dari dua gram jahe mentah dan jahe yang telah diolah dalam bentuk suplemen untuk mengobati nyeri otot akibat cedera olahraga pada 74 orang dewasa yang sehat. Para peserta melakukan berbagai jenis olahraga yang dirancang untuk bisa menyebabkan nyeri otot selama 11 hari. Selama itu pula, mereka diminta untuk mengonsumsi suplemen ataupun pil jahe.

"Konsumsi jahe mentah atau yang telah diolah (dalam bentuk suplemen atau pil) harian menghasilkan pengurangan moderat hingga sangat berarti pada nyeri otot akibat cedera olahraga," tulis peneliti Christopher D. Black, dari departemen kinesiologi di Georgia College and State University di Milledgeville, dan rekan-rekan peneliti lain.

Jahe mentah atau olahan?

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jahe mentah dan jahe olahan mengurangi nyeri otot masing-masing hingga 25 persen dan 23 persen. Para peneliti mengatakan, penelitian sebelumnya pada hewan telah menunjukkan bahwa jahe memiliki sifat antiinflamasi, yang membantu menjelaskan efek menguntungkan jahe untuk meredakan nyeri otot.

Di sisi lain, meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe olahan dapat meningkatkan dampak jahe terhadap nyeri, peneliti mengatakan temuan mereka menunjukkan jahe olahan tidak banyak berpengaruh pada efektifitas jahe sebagai pereda nyeri.(ftr)

Sumber: Okezone

http://cyberhealth.cbn.net.id/cbprtl/cybermed/detail.aspx?s=jahe&x=Health+News&y=cybermed|0|0|5|6298 


Wedang Jahe, Minuman Sehat Berbuka Puasa




Berbuka puasa memang dianjurkan dengan yang manis. Tapi jangan lantas semua jenis makanan dan minuman manis dihajar habis. Cermati setiap asupan makanan dan minuman agar kondisi tubuh Anda tetap prima. Salah satunya dengan membuat wedang jahe hangat yang istimewa. Cobain yuk!

Saat puasa, kadang kita mengalami yang namanya 'lapar mata'. Hampir setiap makanan dan minuman yang dilihat lantas dipingini untuk berbuka. Padahal belum tentu makanan dan minuman itu nantinya bisa langsung disantap, atau bahkan justru membuat lambung Anda yang seharian kosong jadi 'kaget' dibuatnya.

Nah, agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan coba deh buat minuman tradisional ini. Yak, wedang jahe ini cukup baik disajikan sebagai minuman berbuka puasa yang enak dan juga sehat! Mengapa demikian? hal ini disebabkan oleh gas lambung yang berada di dalam lambung meningkat selama Anda berpuasa. Untuk menghilangkannya cukup dengan meminum wedang jahe.

Rasa hangat dari jahe, kapulaga, dan juga cengkih bisa menghangatkan lambung dan membuang gas yang berada di dalamnya. Sehingga saat di isi dengan hidangan lain, lambung tidak kaget dan juga tidak mengalami kram sesudahnya. Selain itu, sumber rasa manis nya bisa menggantikan tenaga yang hilang setelah seharian puasa. Nah, kalau Anda ingin mencoba membuatnya di rumah sepulang kerja nanti bisa di coba resep singkat ini.

Bahan yang perlu disiapkan antara lain, bakarlah 6 cm jahe tua dan 4 cm jahe merah hingga kulitnya mengelupas, bersihkan lalu memarkan. Rebus 750 ml air bersama 1 lembar daun pandan, 1 batang serai yang dimemarkan, 2 butir cengkih, 2 butir kapulaga dan 5 butir merica putih/hitam hingga mendidih. Masukkan jahe dan tambahkan 100 g gula merah dan 2 sdm gula pasir. Rebus dengan api kecil sampai air menyusut seperempat bagian. Angkat dan saring. Jika suka, wedang jahe ini enak juga dinikmati dengan madu.

( eka / Odi )

Sumber: detikcom

http://cyberhealth.cbn.net.id/cbprtl/cybermed/detail.aspx?s=jahe&x=Health+News&y=cybermed|0|0|5|6187


Jahe Merah Cegah Impotensi




Siapa yang tidak kenal dengan jahe? Salah satu bumbu masak yang aromanya khas ini tak hanya dipercaya bikin masakan jadi lebih enak, tapi juga bisa menjadi obat alternatif. Jahe merah salah satunya. Hmm..untuk obat apa saja ya?

Jahe atau yang biasa dikenal dengan nama latin Zingiberaceae ternyata memiliki beberapa jenis. Salah satunya adalah  Zingiberaceae Officinale Rose atau yang lebih dikenal dengan nama jahe merah. Mungkin beberapa orang tidak mengetahui jenis jahe ini.

Kalau dilihat sepintas, tidak ada yang berbeda dengan jahe biasa yang digunakan untuk memasak. Hanya saja ukurannya lebih kecil dari jahe biasa. Warna jahe ini merah muda hingga tua, tak heran jika diberi julukan jahe merah. Jahe biasa dengan jahe merah memiliki kandungan yang serupa namun dengan konsentrasi yang berbeda.

Jahe merah sering dijadikan campuran obat tradisional. Hal ini karena aroma dan rasanya yang lebih pedas jika dibandingkan dengan jahe biasa. Kalau jahe merah digunakan untuk masakan, justru akan merusak dari rasa utama masakan trersebut.

Jahe merah mengandung minyak astiri yang tinggi. Terdiri dari zingeberin, kamfena, zingebern, gingeral, dan juga shogool. Selain itu juga jahe merah mengandung asam aksolat, gingerin, asam malat, dan juga asam organik. Jahe merah diketahui berkhasiat sebagai pencahar, antirematik, dan  obat masuk angin.

Selain itu, jahe merah juga bisa mengobati radang tenggorokan, sakit pinggang, meredakan asma, mengobati nyeri otot, menghangatkan badan, penambah nafsu makan, serta mencegah masuk angin. Karenanya setiap orang yang meminum jahe merah akan merasa lebih segar dan juga bisa membangkitkan gairah seks. Karena rasa panas dan hangatnya membuat pembuluh darah lebih terbuka dan aliran darah menjadi lancar. Dengan kata lain bisa mengatasi gangguan ereksi atau mencegah impotensi.

Meskipun jahe merah ini cukup baik mengobati beberapa jenis penyakit, tapi untuk mereka yang menderita penyakit maag harus berhati-hati. Kandungan gingerol nya yang tinggi bisa membuat lambung panas dan teriritasi. Sehingga menambah kronis si penderita maag.

Di Cina, jahe merah digunakan sebagai viagra alami, merangsang keluarnya air susu ibu, mendorong produksi getah bening, menjaga kekebalan tubuh, mencegah kemandulan dan memperkuat daya tahan sperma. Unsur farnesal yang terkandung dalam tanaman ini juga mampu mencegah proses penuaan karena merangsang regenerasi sel kulit.

( eka / Odi )

Sumber: detikcom

http://cyberhealth.cbn.net.id/cbprtl/cybermed/detail.aspx?s=jahe&x=Natural+Healing&y=cybermed|10|0|3|222

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar