Kamis, 19 Mei 2011

WEDANG JAHE 8 - 生姜茶 - Ginger Tea

WEDANG JAHE 8 - 生姜茶 - Ginger Tea

生姜茶 (Shēngjiāng chá) - 生薑茶 (Shēngjiāng chá) - 생강차 (Saeng-gangcha) - 生姜湯 (Shōgayu) - Salabat

Jahe, Obat Antimabuk



Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan jauh, ada baiknya mengkonsumsi jahe sebelum berangkat untuk mencegah mabuk dalam perjalanan. Umumnya rasa mual yang berakibat muntah selalu menyertai orang yang mengalami mabuk perjalanan. Jahe(Zingiber officinale Rosc) adalah salah satu tanaman obat yang aman dikonsumsi dan hampir tidak ada efek samping yang mampu meredakan rasa itutersebut

Tanaman semusim ini memiliki ciri-ciri berbatang semu, beralur dan tumbuh dengan ketinggian pohon mencapai 40-50 cm. Bentuk daunnya tunggal bewarna hijau tua. Bunganya majemuk dengan mahkota berbentuk corong dan bewarna ungu.

Kandungan :

Dalam tanaman herba ini terkandung minyak atsiri zingiberena (zingirona), zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit.

Bila ramuan jahe diminum maka akan terasa panas diperut. Rasa panas itu dihasilkan dari pecahan molekul gingerol yang pedas dan berantai karbon panjang, menjadi zingiberon pecahan dari gingerol, bukan gingerol-nya sendiri.


Khasiat

Jahe dikenal berkhasiat mengobati beberapa penyakit. Manfaatnya sebagai obat antimabuk baik darat maupun laut ini, telah dibuktikan oleh para ahli. Mereka mencoba melakukan penelitian terhadap merpati yang diberi larutan perangsan muntah kuprisulfat. Setelah diberikan perasan jahe segar 10 – 50 %, merpati tersebut tidak jadi muntah, malah kelihatannya lebih segar dari sebelumnya.

Cara kerja jahe sebagai obat antimabuk, terlihat dari akibat khasiat katminatifnya yaitu pengosongan lambung yang dipercepat, sehingga isi dari lambung cepat turun ke usus dan menurunkan efek mual serta muntah.

Cara pengobatan

Khasiat jahe sudah diketahui sejak lama. Jaman dulu para pelaut Cina mengunyah jahe begitu saja untuk mencegah mabuk laut saat akan naik perahu. Namun kini Jahe sebagai antimabuk bisa Anda dapatkan dalam bentuk kapsul. Di Inggris, jahe dengan berat 0.5gram dalam kapsul telah dipatenkan sebagai obat antimabuk yang ditelan setengah jam sebelum bepergian. Serbuk itu diambil dari umbi akar jahe.

Catatan : Jahe berefek rasa panas pada lambung yang dapat merangsang pendarahan pada penderita wasir. Untuk mengurangi efek tersebut, Anda bisa meminumnya dengan dicampur kopi, susu, atau madu.

Sumber: conectique.com

http://cyberhealth.cbn.net.id/cbprtl/cybermed/detail.aspx?s=jahe&x=Natural+Healing&y=cybermed|10|0|3|200 


Wedang Jahe

Pilih jahe yang bagus, disarankan untuk memilih yang umbinya sudah tua agar rasa dan aromanya lebih tajam. Setelah itu bakar jahe hingga kulitnya agak gosong dan empuk, kupas, memarkan. Kemudian rebus dalam air dan tambahkan gula pasir. Agar rasa lebih nyoosss, bisa menambahkan rangkaian rempah lainnya seperti jahe merah, cengkih, merica dan serai. Bila ingin aroma lebih tajam dan wangi masukkan daun pandan yang telah dipotong-potong ke dalam rebusan wedang tersebut. Simpel dan tradisional sekali bukan.

http://www.cateringbali.com/wedang-jahe/  


Mengapa Jahe Perlu Dibakar?

Odilia Winneke - detikFood

Jahe yang akan diolah menjadi minuman atau wedang, sebaiknya jahe yang tua umbinya. Jahe ini perlu dibakar dulu di atas bara api agar aromanya keluar dan rasanya tidak pahit. Sebelum direbus bersama air dan bahan lainnya, kupas dahulu kulit yang mengelupas lalu memarkan. Selain itu aroma jahe menjadi lebih wangi dan enak. Jika diiris dan langsung direbus dengan air, rasa airnya agak sedikit pahit dan aromanya kurang wangi. 
http://www.detikfood.com/read/2009/08/05/104536/1177691/312/mengapa-jahe-perlu-dibakar


Wedang Susu Jahe

Odilia Winneke - detikFood


Udara dingin di musim hujan sering membuat stamina turun. Sambil menanti saat-saat berlalunya tahun ini, minuman yang hangat dan sarat gizi ini bisa jadi teman yang pas. Tak hanya hangat di mulut, jahe dan rempah akan membuat badan lebih hangat dan nyaman.

Bahan: 500 ml susu segar full cream 80 g jahe, bakar, memarkan 4 cm kayu manis 2 butir cengkih 2 butir kapulaga 100 g gula pasir 1 sdm gula palem
Pelengkap: 1 sdm manisan jahe, iris halus

Cara membuat:

  • Rebus bersama rempah dan gula hingga mendidih. Biarkan mendidih selama 5 menit.
  • Angkat, saring.
  • Tuang ke dalam 2 cangkir.
  • Taburi manisan jahe.

Sajikan hangat.
(lil)

http://www.detikfood.com/read/2005/12/27/091855/506624/364/wedang-susu-jahe


Susu Telur Madu Jahe Coklat


Bahan :
75 gram jahe
air matang untuk melarutkan jahe dan cokelat
2 kuning telur ayam kampung
4 sdm madu
120 gr gula pasir
4 sdm cokelat bubuk
600 ml susu cair

Cara membuat :
  • Kupas jahe, cuci bersih, kemudian parut halus. Campur dengan 8 sdm air matang, aduk, lalu peras dan ambil airnya. Sisihkan.
  • Taruh kuning telur dalam wadah, masukkan madu, gula pasir, dan air jahe. Kocok dengan mikser selama 1-2 menit sampai warnanya pucat.
  • Larutkan cokelat bubuk dalam 100 ml air matang, kemudian masukkan ke dalam panci bersama susu cair.
  • Jerangkan di atas api, masak hingga panas dan susu hampir mendidih, angkat. Tuang cokelat susu ke dalam adonan telur, aduk-aduk hingga tercampur.
Tuang minuman ke dalam gelas saji. Hidangkan selagi panas.

http://resepminumansegar.com/2010/08/susu-cokelat-madu-jahe/


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar